penelusuran dari blog ini

Minggu, 28 Maret 2010

Pembanguan ekonomi
Pembangunan ekonomi adalah peningkatan masyarakat dalam suatu negara dengan peningkatan pertumbuhan yang berkelanjutan, misalnya dari pendapatan rendah ke pendapatan yang tinggi. Cakupan dari pembangunan ekonomi termasuk proses dan kebijakan tentang bagaimana suatu negara negara memperbaiki ekonomi, politik, dan dan keadaan sosial masyarakatnya.
Mansell dan when menyatakan bahwa pembangunan mulai dikenal sejak perang dunia kedua untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkat pendapatan perkapita, dan pencapaian standard hidup yang sejajar dengan negara negara industri.

Pertumbuhan ekonomi versus pembangunan ekonomi
Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi merupakan suatu istilah yang berbeda. Pembangunan ekonomi mengarah ke perkembangan sosial dan teknologi. Didalamnya termasuk perubahan bagaimana barang dan jasa di produksi, tidak hanya semata mata peningkatan produksi yang diraih dengan metode produksi lama atau karena sekala yang besar. Sedangkan Pertumbuhan ekonomi hanya menekankan pada peningkatan kuantitas output . Pertumbuhan ekonomi biasanya di ukur dengan perubahan GDP ( Gross domestic Product). GDP adalah nilai tambah yang didapat dari aktifitas ekonomi di suatu negara termasuk didalamnya aktifitas sumberdaya asing di wilayah negara tersebut.

Pembangunan ekonomi biasanya juga memperhatikan indikator indikator seperti angka melek huruf, angka harapan hidup, tingkat kemiskinan, keadilan sosial, dan alternatif pengukuran lain yang biasanya tidak di perhatikan dalam pembahasan pertumbuhan ekonomi.

Pembangunan ekonomi suatu negara berhubungan dengan pembangunan manusia yang seutuhnya yang meliputi diantaranya kesehatan dan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar