penelusuran dari blog ini

Kamis, 27 Agustus 2009

analisis pengaruh PDRB

Tugas matakuliah penelitian pendidikan

Nama : Bambang trinursinggih

No Mhs : 074551398

Jurusan : Program kemampuan mengajar

Klas : D

ANALISIS PENGARUH PDRB PERKAPITA,

JUMLAH PENDUDUK ,DAN TINGKAT INFLASI

TEHADAP INVESTASI DI KABUPATEN KULON PROGO

1.1. Latar belakang masalah

Salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan adalah terjadinya pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Pertumbuhan ekonomi suatu Negara biasanya diukur dengan tingkat pendapatan nasionalnya. Dalam perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran, pendapatan adalah merupakan fungsi dari Konsumsi, Investasi, Pengeluaran pemerintah, dan Ekspor neto. Investasi merupakan salah satu komponen yang utama.

Investasi merupakan langkah awal kegiatan produksi, baik itu produksi barang maupun jasa. Dengan kata lain Investasi merupakan langkah awal kegiatan pembangunan ekonomi.

Pada tahun 1960-an ahli pembangunan Rostow berpendapat tenteng pentingnya investasi. Menurut Rostow setiap upaya tinggal landas mengharuskan adanya mobilisasi tabungan dari dalam dan luarnegeri dengan maksud untuk menciptakan investasi yang cukup dan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.

Dinamika Investasi berpengruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu Negara dan juga mencerminkan proses pembangunan. Target pertumbuhan ekonomi yang tinggi berdampak terhadap kebutuhan Investasi yang meningkat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam upaya meningkatkan jumlah investasi agar sesuai dengan tingkat yang diharapkan maka perlu diteliti beberapa factor yang berpengaruh terhadap besarnya investasi .

1.2. Identifikasi masalah

Apabila ditinjau secara menyeluruh Investasi dipengaruhi oleh berbagai variable ekonomi, social, dan stabilitas politik.

Variabel ekonomi berhubungan dengan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya terutama yang berhubungan dengan kebutuhan fisik. Missal kebutuhn makan, berpakaian , tempat tinggal dan juga kebutuhan-kebutuhan lain yang terus meningkat seiring dengan perkembangannya.Dalam hal ini yang termasuk variable ekonomi misalnya tingkat upah minimum, tingkat suku bunga, tingkat pendapatan, harga barang-barang kebutuhan dan lain-lain.

Variabel social berhubungan dengan pola hubungan yang ada dalam masyarakat, misalnya kemampuan bekerjasama, tingkat penerimaan masyarakat terhadap kelompok masyarakat lain, dan sebagainya.

Variabel stsbilitas politik berhubungan dengan tatanan system kekuasaan yang menjamin kestabilan kondisi dan kebijakan bagi berkembengnya kegitan ekonomi.

Semua variable tersebut akan membentuk suatu iklim yang menjadi acuan bagi investor baik dalam maupun luar negeri dalam menentukan lokasi investasi.Investor akan memilih lokasi yang paling menguntungkan dalam rangka mengantisipasi globalisasi yang ditandai dengan internasionalisasi produksi ekonomi.

1.3. Pembatasan masalah

Dalam penelitian ini penulis akan meneliti beberapa variable ekonomi yang berpengaruh terhadap besarnya investasi dikabupaten kulon progo. Hal ini disebabkan Karena pertimbangan ekonomi adalah merupakan suatu pertimbangan yang utama bagi investor. Beberapa variable ekonomi yang akan diteliti adalah: PDRB perkapita, tingkat upah minimum, Tingkat inflasi, dan Tingkat suku bunga. Pemilihan wilayah penelitian kabupaten kulon progo karena masih sedikit nya perhatian dari peneliti lain tentang perkembangan ekonomi Kabupaten Kulon Progo.

1.4. Perumusan masalah

· Bagaimana pengaruh PDRB perkapita terhadap Investasi di Kulon Progo

· Bagaimana pengaruh Tingkat upah minimum terhadap Investasi di Kulon Progo

· Bagaimana pengaruh Tingkat inflasi terhadap Investasi di Kulon Progo

· Bagaimana pengaruh Tingkat suku bunga terhadap Investasi di Kulon Progo

· Bagaimana pengaruh besarnya prosentase pajak terhadap Investasi di Kulon Progo

2. Hipotesis

2.1. Diduga tingkat PDRB perkapita berpengruh positif terhadap besarnya investasi di kabupaten Kulon Progo

2.2. Diduga tingkat upah minimum berpengaruh negative terhadap besarnya investasi di Kabupaten Kulon Progo

2.3. Diduga Tingkat inflasi berpengaruh berpengruh negatif terhadap besarnya investasi di kabupaten kulon progo.

2.4. Diduga Tingkat suku bunga berpengaruh berpengaruh negatif terhadap besarnya investasi di kabupaten kulon progo.

2.5. Diduga prosentase pajak industri berpengaruh berpengaruh negatif terhadap besarnya investasi di kabupaten kulon progo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar