penelusuran dari blog ini

Kamis, 27 Agustus 2009

penelitian pendidikan

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
KELAS VII SLTP NEGERI  SENTOLO

OLEH :
BAMBANG TRINUR SINGGIH, S.E.
NMS: 074551398
JURUSAN AKTA MENGAJAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2008
DAFTAR ISI
Halaman judul ........................................................................................
Daftar Isi .................................................................................................
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang .................................................................................
1.2 Rumusan Masalah ...........................................................................
1.3 Tujuan Penelitian..............................................................................
1.4 Manfaat Hasil Penelitian..................................................................
BAB II Kajian Pustaka Dan Rencana Tindakan
2.1 Minat ...............................................................................................
2.2 Belajar .................. ..........................................................................
2.3 Model pembelajaran Group Investigation ......................................
BAB III Metode Penelitian
3.1 Setting Penelitian.............................................................................
3.2 Persiapan Penelitian Penelitian........................................................
3.4 Pembentukan Instrumen ..................................................................
3.5 Analisa dan refleksi .........................................................................


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sampai sekarang pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal.kelas masihberfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu diperlukan sebuah strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan di benak mereka sendiri. Dalam proses belajar, anak belajar dari pengalaman sendiri, mengkonstruksi pengetahuan kemudian memberi makna pada pengetahuan itu. Melalui proses belajar yang mengalami sendiri, menemukan sendiri, secara berkelompok seperti bermain, maka anak menjadi senang, sehingga tumbuhlah minat untuk belajar, khususnya belajar IPS.

1.2 Rumusan Masalah
Apakah model pembelajaran group Investigation ( menemukan secara berkelompok ) dapat meningkatkan minat belajar IPS bagi siswa ?

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini adalah agar siswa meningkatkan minatnya dalam belajar IPS; sehingga siswa memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap yang positif.

1.4 Manfaat Dan Hasil Penelitian
1.4.1 Siswa
Siswa termotivasi sehingga senang belajar IPS dan dapat memperoleh pengalaman belajar.
1.4.2 Guru
Dapat menambah wawasan tentang strategi pembelajaran.
1.4.3 Sekolah
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
1.4.4 Pengembangan Kurikulum
Merupakan upaya penyempurnaan Kurikulum


BAB II
KAJIAN PUSTAKA DAN RENCANA TINDAKAN

2.1 Minat
Minat ialah suatu pemusatan perhatian yang tidak disengaja yang terlahir dengan penuh kemauannya dan yang tergantung dari bakat dan lingkungan (Sujanto Agus : 1981 ). Dalam belajar diperlukan suatu pemusatan perhatian agar apa yang dipelajari dapat dipahami; Sehingga siswa dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Terjadilah suatu perubahan kelakuan. Perubahan kelakuan ini meliputi seluruh pribadi siswa; baik kognitip, psikomotor maupun afektif. Untuk meningkatkan minat, maka proses pembelajaran dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami apa yang ada di lingkungan secara berkelompok.

2.2 Belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. ( Hamalik Pemar : 2001 ). Menurut pengertian ini belajar merupakan suatu proses yakni suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Yang menjadi hasil dari belajar bukan penguasan hasil latihan melainkan perubahan tingkah laku. Karena belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku, maka diperlukan pembelajaran yang bermutu yang langsung menyenangkan dan mencerdaskan siswa. Suasana kondisi pembelajaran yang menyenangkan dan mencerdaskan siswa itu salah satunya dapat tercipta melalui model pembelajaran Group Investigation.

2.3 Model Pembelajaran Group Investigation ( Sharan, 1992 )
Model adalah representasi realitas yang disajikan dengan suatu derajat struktur dan urutan ( Richey, 1986 ). Group investigation adalah penemuan yang dilakukan secara berkelompok: murid/ siswa secara berkelompok mengalami dan melakukan percobaan dengan aktif yang memungkinkannya menemukan prinsip. Langkah-langkah pembelajaran Group Investigation :

1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi
4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
7. Evaluasi
8. Penutup

Model pembelajaran Group Investigation ini membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara materi yang yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Dengan model pembelajaran ini minat belajar siswa meningkat dan hasil pembelajarannya diharapkan lebih bermakna bagi siswa.


BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Setting Penelitian
Penelitian Tindakan kelas ( PTK ) ini dilaksanakan di kelas VII SLTP Negeri 3 Sentolo, yang berlokasi di Jalan Sentolo-Pengasih. Sentolo kulon Progo. Jumlah siswa 40 orang, dengan latar belakang sosial ekonomi yang heterogen.

3.2 Persiapan Penelitian
Untuk memperlancar pelaksanan Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini, kami telah mempersipkan instrumen dan penilaian.

3.3 langkah Penelitian
Penelitian Tindakan kelas ( PTK ) ini menggunakan beberapa langkah yaitu

A. Pendahuluan
Mempersiapakan konsep materi yang akan dijadikan bahan pembelajaran yaitu :KD : Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehsri-hari., Indikator : Mendiskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumberdaya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

B. Langkah Utama
1. Guru membagi siswa dalam 4 kelompok
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran yaitu mendiskusikan jenis-jenis sumber daya dan kebutuhan secara berkelompok.
3. Guru memanggil ketua kelompok dan masing-masing diberi tugas mendiskusikan sumber daya alam, sumberdaya manusia, sumber daya buatan, dan sumber daya teknologi.
4. Masing-masing kelompok mengamati dan mendiskusikan materi sesuai dengan tugasnya secara kelompok.
5. Setelah selesai diskusi, ketua kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok.

C. Langkah Penutup
Guru memberikan penilaian kepada kelompok-kelompok siswa yang melakukan pengamatan dan diskusi itu.

3.4 Pembentukan Instrumen/ Teknik pengumpulan data.
Untuk mendapatkan data yang valid dan akurat dari siswa, guru / kolaborator meneliti menggunakan instrumen berupa :
a. Catatan yang meliputi “ Persiapan, pelaksanaan dan Penelitian “
b. Lembar evaluasi
c. Lembar Observasi
d. Angket

ANGKET MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN IPS
Isilah Pernyataanberikut dengan jawaban :Selalu ,Sering ,Jarang ,atau Tidak pernah
1 .Saya senang mengikuti pelajaran IPS
2 .Saya rugi bila tidak mengikuti pelajaran IPS
3 .Saya merasa pelajaran IPS bermanfaat
4 .Saya menyerahkan tugas IPS tepat waktu
5 .Saya berusaha memahami pelajaran IPS
6 .Saya bertanya jika kurang jelas
7 .Saya mengerjakan soal-soal latihan di rumah
8 .Saya mendiskusikan materi pelajaran
9 .Saya berusaha memiliki buku IPS
10 .Saya berusaha mencari bahan di perpustakaan

Keterangan
Skor untuk jawaban pernyataan tersebut adalah:
Selalu : 4
Sering: 3
Jarang: 2
Tidak : 1

OBSERVASI MINAT SISWA
1. Untuk mendapatkan informasi lengkap Tentang minat siswa selama belajar IPS dilakukan observasi.
2. Mendengarkan / memperhatikan penjelasan guru
3. Giat melakukan tugas-tugas kelompok
4. Mengajukan pertanyaan / menanggapi pertanyaan
5. Dapat bekerja sama dalamkelompok
6. Giat membaca buku Geografi Dapat berdiskusi tentang Geografi
7. Senamg membaca peta /menggambar peta
8. Membuat laporan hasil membaca

Keterangan Skala Penilaian
0 : Tidak melakukan
1 : Dilakukan kurang baik
2 : Dilakukan cukup baik
3 : Dilakukan dengan baik
4 : Dilakukan sangat baik

3.5 Analisa Data
Data yang dicatat tiap langkah meliputi :
a. Data hasil pemahaman materi belajar
b. Data hasil minat belajar dalam melaksanakan tugas mengamati cuaca dan
diskusi

Data di atas dianalisis secara berkala setiap langkah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hasil yang sebenarnya berdasarkan tujuan kegiatan belajar mengajar ( KBM ) yang hendak dicapai. Data sebelum dan sesudah tindakan di bandingkan sehingga diketahui perubahan minat siswa dalam belajar IPS.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar